Hukum Kekekalan Energi

Kekal, mensiratkan sesuatu yang tahan lama, abadi, tak lekang oleh zaman, tak tergerus oleh waktu, tetap akan ada, dan lain pengertian serta penjabarannya. Di sini sebenarnya saya tidak hendak berbicara mengenai fisika atawa ilmu ilmiah dengan penggunaan judul di atas. Namun, mungkin sedikit bersinggungan, agak. Dalam penerapan ilmu fisika sendiri, Hukum Kekekalan Energi berbunyi: “Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain tapi tidak bisa diciptakan atau dimusnahkan.” Nah, berdasar pada prinsip tersebut, saya ingin membicarakan persoalan kekekalan energi ini, tetapi bukan dengan kacamata fisika.

Nurani saya tergerak menulis dengan judul di atas karena ada teman saya yang memberi caption “Hukum Kekekalan Energi” pada video yang dibagikan pada halaman facebooknya. Video tersebut menceritakan bagaimana kebaikan seseorang akan mendapat balasan kebaikan juga. Energi seperti inilah yang akan menjadi topik hangat saya.

Mungkin akan terkesan basi topik ini karena kita semua sudah tahu dan sudah diajarkan dari dulu kala, bahwa siapa menebar kebaikan pasti akan menuai kebaikan, siapa menebar keburukan pasti akan menuai keburukan, dan berbagai macam nilai moral lainnya. Tetapi, dalam perjalanan hidup kita, nilai nilai tersebut masih seringkali luput untuk dilakukan. Iya, karena kebanyakan dari kita masih terperangkap dalam logika manusia, dimana kita hanya akan melakukan sesuatu dengan pengharapan kita akan mendapatkan sesuatu. Hal ini sebenarnya wajar ada pada prinsip hidup manusia. Akan tetapi jika kita mau berlatih dan berusaha lebih keras lagi dalam melakukan kebaikan, maka kita bisa mencapai yang disebut logika tuhan, yaitu kita melakukan kebaikan untuk orang lain karena kita ingin melakukannya tanpa ada alasan atau pengharapan apapun. Inilah menurut saya kebijakan hidup yang sesungguhnya.

Jadi dengan adanya hukum kekekalan energi, saat kita bisa mengeluarkan energi kebaikan untuk orang lain, saya percaya energi positif tersebut akan kekal perwujudannya. Ketika kita menyalurkan energi tersebut pada orang lain, dan kemudian orang itu juga menyalurkan kepada orang lain, kemudian kepada orang lain lagi, dan akhirnya seluruh manusia di atas muka bumi saling menyalurkan energi kebaikan, ini bisa dipastikan alien tak akan menginvasi bumi. Jika kalian pernah menonton film “Pay It Forward” pastilah kalian bisa membayangkan kehebatan dari energi kebaikan ini. Akan tetapi jika belum, tontonlah. Atau seperti video klip lagunya Adele yang berjudul “Only One” kalo ga salah, kalo ga salah ya.

Ya gitu deh. Untuk yang masih melakukan kebaikan berdasar logika manusia yaudah tetep dijaga semangatnya. Sebarin benih benih kebaikan setiap saat. Nanti siapa tahu akhirnya kita bisa menjadi pribadi yang berlogika tuhan yang selalu tulus melakukan kebaikan kepada siapa saja. Sekian dulu, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s